Inilah Tahapan Revolusi Industri sampai ke 4.0

  20 Feb 2019 22:00:16    Aditya Mahendra

Profesor Klaus Schwab adalah orang yang pertama kali memperkenalkan konsep revolusi industry 4.0. Menurutnya konsep tersebut telah mengubah hidup dan kerja manusia. Menurut A.T. Kearney sejarah revolusi industri sampai saat ini sudah sampai ke tahap generasi ke-4. Berikut ini empat tahap evolusi industry dari dahulu hingga sekarang.

1. Revolusi Industri 1.0

Revolusi industri yang pertama terjadi pada akhir abad ke- 18. Dengan ditemukannya alat tenun mekanis pada tahun 1784. Pada saat itu, industri diperkenalkan dengan fasilitas produksi mekanis menggunakan tenaga air dan uap.

2. Revolusi Industri 2.0

Pada abad ke-20 ada pengenalan produksi massal berdasarkan pembagian kerja. Pada era ini muncul teknologi pembangkit listrik dan motor pembakaran dalam (combustion chamber) yang memicu kemunculan pesawaat telepon, mobil, pesawat terbang dll yang mengubah wajah dunia.

3. Revolusi Industri 3.0

Pada awal tahun 1970 internet dan teknologi digital mulai muncul. Penggunaan elektronik dan teknologi informasi sudah digunakan untuk otomatisasi produksi. Hal ini ditandai dengan kemunculan pengontrol logika preprogram pertama (PLC), yaitu modem 084-969. Sistem otomatisasi berbasis komputer ini membuat mesin industri tidak lagi dikendalikan manusia, sehingga bisa mengurangi biaya produksi.

4. Revolusi Industri 4.0

Pada revolusi industri generasi keempat melahirkan berbagai macam penemuan teknologi canggih seperti nanoteknologi, big data, artificial intelligence (AI), dan IoT (Internet of Things). Teknologi tersebut diyakini akan mempermudah kehidupan manusia kedepan nya.

Sumber : Viva